indobaliart.com

indo bali Art & Design

Cat Acrylic

15 September 2017

 

Apa itu Cat Acrylic?

 

        Cat acrylic adalah cat yang terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika kering. Berbagai macam pigmen kemudian ditambahkan ke dalam emulsi polimer acrylic untuk mendapatkan berbagai warna cat yang berbeda. Singkatnya, cat acrylic sebenarnya adalah cat plastik yang tersedia dalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. Berbagai aditif umum ditambahkan ke cat acrylic sehingga diperoleh berbagai jenis cat dengan sifat berbeda. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal gunakanlah cat Acrylic merek Xpression Leonardo, seperti pada gambar di atas.

         Sebagian aditif membuat cat lebih tebal, tipis, atau kering lebih lambat. Hal ini sangat berguna karena cat acrylic cenderung kering dengan cepat. Setelah kering, cat acrylic sulit dihapus kecuali dengan menggunakan larutan alkohol khusus. Aditif tertentu mengubah cara cat terlihat. Cat acrylic bisa dicampur dengan air hingga maksimum 30% agar tidak mengurangi kualitasnya. Mencampur dengan air akan membuat tampilan cat acrylic nampak lebih lembut dan transparan. Karena sifatnya yang mengering dengan cepat, pastikan mengaplikasikan cat acrylic secepat mungkin. Setalah kering, cat akan susah dihapus atau dimodifikasi.

Tips Menggunakan Cat Acrylic

Berikut adalah beberapa tips menggunakan cat acrylic.

-Pastikan hanya mengambil sedikit cat pada satu waktu karena sifatnya yang mudah kering.

-Pastikan untuk mengeringkan kuas setelah membilasnya. Hal ini untuk mencegah tetesan air jatuh di permukaan medium dan membuatnya bernoda. Anda dapat mencampur cat  warna tertentu dengan warna putih untuk membuatnya terlihat buram (tidak transparan)  atau mencampurnya dengan sedikit air untuk mendapatkan efek transparan.

-Cat acrylic bisa digunakan pada media kanvas, kain, kayu, bahkan dinding. Cat ini juga  bisa digunakan untuk melukis dinding. Meskipun cat akrilik (acrylic) tidak beracun, namun  jangan pernah digunakan untuk melukis kulit.

Berikut hasil lukisan cat Acrylic...